PBB memilih sanksi baru di Korea Utara

korea utara

Dewan Keamanan PBB akan memberikan suara pada Jumat mengenai sebuah resolusi yang dirancang AS untuk memperbaiki sanksi terhadap Korea Utara dengan membatasi pasokan minyak yang penting untuk program rudal dan nuklir Pyongyang.

Amerika Serikat telah melakukan negosiasi dengan China, sekutu Pyongyang, saat menampar sanksi baru sebagai tanggapan atas uji coba rudal balistik antar benua (ICBM) pada 28 November.

Pemungutan suara dijadwalkan pukul 13:00 waktu setempat (1800 GMT), kata beberapa diplomat.

Dengan membangun resolusi sanksi sebelumnya, rancangan baru ini memperketat pembatasan pengiriman minyak mentah dan minyak sulingan ke Korea Utara, yang sebagian besar dipasok oleh China.

Tindakan tersebut akan melarang pasokan hampir 90 persen produk minyak sulingan ke Korea Utara dan memerintahkan pemulangan semua warga Korea Utara yang bekerja di luar negeri dalam waktu 12 bulan, menurut teks yang diperoleh AFP.

Presiden AS Donald Trump meminta Presiden China Xi Jinping bulan lalu untuk memotong minyak ke Korea Utara, sebuah langkah yang akan membawa pukulan yang melumpuhkan pada ekonomi yang berjuang keras.

Puluhan ribu warga Korea Utara telah dikirim ke Rusia dan China untuk mendapatkan uang keras untuk Pyongyang, bekerja dalam apa yang oleh para pejabat hak asasi manusia digambarkan sebagai “kondisi seperti budak.”

Rancangan resolusi tersebut akan membatasi pasokan minyak mentah menjadi empat juta barel per tahun dan meminta negara-negara untuk meminta izin PBB untuk mengirim minyak mentah ke Korea Utara.

Pengiriman produk minyak olahan termasuk diesel dan minyak tanah akan dibatasi pada 500.000 barel untuk tahun depan, sesuai dengan peraturan yang akan memerintahkan semua negara untuk melaporkan pengiriman mereka ke Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sejak tahun lalu, Korea Utara telah melakukan uji coba nuklir – yang keenam – dan serangkaian peluncuran rudal canggih yang dilarang berdasarkan resolusi PBB. Langkah tersebut akan memperluas daftar ekspor terlarang dari Korea Utara untuk memasukkan produk makanan, mesin, peralatan listrik, tanah dan batu termasuk magnesit dan magnesia, kayu dan kapal.

Neneng Ridho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *