Mengenal Beberapa Macam Device Komputer & Fungsinya

Komputer merupakan perangkat yang penting dalam menunjang semua pekerjaan – pekerjaan manusia. Kita sendiri sebagai penulis blog juga merasakan betapa pentingnya komputer. Pastinya, kalau tidak ada komputer, mau nulis dimana ? Komputer memiliki bagian – bagian penyusun yang terpadu sehingga membuat bnda ini bisa kita gunakan seperti saat ini.

Salah satu komponen atau bagian kmputer yaitu Out Put Device. Kalau kita boleh memilah – milah output device komputer juga terdiri dari dua macam yaitu inti dan aksesories. Yang dimaksud inti adalah yang menjadi bagian dari komputer itu sendiri, sedangkan aksesoris tentunya selain dari bagian inti.

output device komputer

Mari mengenal lebih dekat komputer anda dengan mempelajari bagian – bagian komputer dan fungsinya di output device komputer. Berikut beberapa contoh output device komputer dan sedikit penjelasannya.

1. Monitor

Monitor komputer merupakan salah satu device output komputer golongan inti, yaitu termasuk bagian dari komputer. Mengapa ? Karena tanpa monitor, komputer tidak akan bisa kita gunakan. Fungsi Monitor komputer ialah sebagai display atau penampil informasi grafis yang ditangkap oleh grafis card di dalam CPU sehingga kita bisa mengakses dan menggunakan komputer dengan mudah. Fungsi monitor hampir sama dengan televisi yang juga menampilkan gambar.

2. Speaker

Kedua yaitu speaker. Speaker memiliki fungsi sama sebgai output device hanya saja menurut saya, speaker termasuk golongan aksesories, bukan bagian komputer yang inti. Karena tanpa speakerpun kita sudah bisa mengoperasikan komputer, hanya saja sedikit kurang (tidak lengkap) karena tidak bisa menampilkan suara. Tetapi lain halnya untuk Laptop yang telah dibekali speaker internal, walaupun suaranya tidak terlalu keras namun anda sudah bisa mendengar suara yang dihasikan dari komputer tanpa speaker tambahan.

3. Printer

Printer berfungsi sebagai alat pencetak, yaitu mengubah dokumen atau file digital di dalam komputer menjadi file fisik atau kertas. Kalau kita lihat golongan device ini juga bisa kita kategorikan sebagai device aksesoris karena sifatnya sebagai penunjang, bukan sebagai bagian inti komputer.

Bagian – bagian komputer tidak hanya tiga macam yang saya sebutkan, ada banyak sekali. Kita hanya mengambil bagian kecilnya saja yaitu Output Device Komputer. Sekian, semoga bisa sedikit menambah wawasan kita tentang komputer, sehingga lebih semangat dalam belajar komputer. Sekian, semoga bermanfaat.

Kiat – Kiat Belajar Komputer Secara Otodidak

Ilmu komputer, merupakan salah satu ketrampilan yang wajib untuk generasi sekarang dan mendatang. Mengapa demikian ? Karena, kemajuan teknologi semakin maju dengan pesat. Dan yang bisa menyesuaikan kebanyakan adalah mereka yang memiliki basic atau bisa mengoperasikan komputer.

Terlebih lagi sekarang di sisi kehidupan kita, hampir semuanya menggunakan komputer. Apatah lagi untuk urusan pekerjaan. Sudah pastinya menggunakan teknologi ini. Oleh sebab itu, skill ini harus anda kuasai karena sangat penting dan banyak sekali manfaatnya untuk kita.

kiat belajar komputer otodidak

Bingung bagaimana mau belajar komputer ? Tidak perlu khawatir, ilmu komputer bukanlah ilmu yang sulit dipelajari. Bahkan ilmu yang bisa kita pelajari secara otodidak. Nah, pada kesempatan ini saya ingin mencoba untuk berbagai informasi tentang beberapa tips bagaimana cara belejar komputer secara otodidak.

1# – Siapkan sarana dan prasarananya

Sebagaimana telah saya katakan, ilmu komputer merupakan ilmu praktis dan harus dilakukan praktek. Jadi sarana yang dibutuhkan yang paling penting adalah komputer tentunya. Untuk anda yang sudah dalam posisi mahir, mungkin tidak perlu lagi menyiapkan komputer karena bisa jadi anda sudah punya komputer kramat milik anda. Langsung saja pada point yang kedua.

2# – Buku Panduan atau modul

Yang namanya belajar, pasti membutuhkan panduan atau modul belajar. Dari mana kita bisa mendapatkan ini ? Tidak perlu khawatir, untuk anda yang dalam level pemula, gunakan buku dasar sebagai modul anda. Sedangkan untuk anda yang level tinggi, anda tentu bisa mencari materi dan panduan yang anda butuhkan dari internet.

3# – Metode belajar dan konsistensi

Tips berikutnya adalah cara atau metode yang anda gunakan untuk belajar. Harus tepat dan disesuaikan dengan kondisinya. Sklik komputer bisa anda pelajari dengan langsung praktis, namun anakn lebih baik apabila 75% prkatek dan sisanya teori yang bisa anda baca kapan saja dan dimana saja.

Kemudian selain itu, hal penting yang harus kita miliki adalah konsistensi. Gampangnya tidak mudah bosan, karena kita belajar secara otodidak, jadi semuanya berasal dari kita. Tidak ada orang yang akan menegur apabila salah, dan tidak ada yang membenarkan apabila betul. Oleh sebab itu, konsistensi adalah kunci keberhasilan anda dalam menggunakan cara belajar secara ototidak. Sekian, semoga bermanfaat.

Inilah Beberapa Manfaat Apabila Anda Bisa Mengoperasikan Komputer

Anda yang sedang membaca tulisan ini tentunya sudah bisa menggunakan komputer. Namun sudahkah anda mendapatkan ilmu yang seseuai dengan kemauan anda ? Dan ternyata diluar sana, ada banyak orang yang belum menguasai komputer seperti anda. Memang untuk sebagian orang tidak penting, tapi menurut saya akan lebih baik apabila kita bisa menggunakan komputer.

manfaat skill komputer

Manfaat yang bisa kita rasakan sekarang ini, mungkin diinginkan orang lain, atau juga sama sekali orang tidak menginginkannya karena tidak pernah merasakannya. Apabila kita mau menguak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menguasai ilmu ini, mungkin akan banyak orang mau belajar dengan susah payah.

Kalau kita melihat dari sejarah komputer secara singkat, awalnya pekerjaan manusia diselesaikan dengan cara manual yang memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, semakin maju peradaban, manusia mulai menginginkan kemudahan dan kecepatan dalam bekerja. Dan akhirnya dibuatlah perangkat komputer hingga seperti sekarang ini.

Berikut beberapa manfaat menguasai ilmu komputer yang tidak bisa kita dapatkan apabila tidak menguasainya.

1# – Selangkah lebih maju

Kita pasti akan menjadi yang terdepan atau minimal selangkah lebih maju dari mereka yang tidak bisa skill ini. Contohnya pada saat submit lamaran kerja, apabila anda bisa mengoperasikan komputer dan saingan anda tidak bisa, tentunya anda akan lebih diprioritaskan ketimbang mereka. Bukankah demikian ?

2# – Bisa tau segalanya

Kemudahan akses informasi dengan komputer dan jaringan internet sudah luar biasa luas dan mudah. Dari kamar, kita bisa mengetahui kondisi di berbagai negara, bahkan kita bisa melihat belahan bumi hanya dengan menggunakan komputer. Tidak hanya itu, segala macam pengetahuan dari ilmu praktis, tutorial dan segala informasi yang dibutuhkan manusia kita bisa menggenggamnya hanya dari alat sekecil ini.

3# – Kemudahan dalam bekerja

Yang paling penting tentunya, komputer menjadi teman setia kita untuk memudahkan dan mempercepat pekerjaan kita. Alat mutli fungsi ini bisa kita gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti menghitung laba rugi, membuat surat, menonton vidio dan lain sebagainya. Sangat memudahkan hidup kita tentunya.

Segudang manfaat lainnya tentu bisa anda rasakan sendiri nantinya apabila anda sudah menguasai ilmu komputer. Hanya saja, butuh usaha dan upaya untuk sampai ke sana. Tudak ada hasil tanpa usaha yang pasti. So, jangan berhenti belajar karena setiap kali kita belajar hal baru, pasti akan ada manfaat dibelakangnya. Sekian, semoga bermanfaat.