Jenis Finishing untuk Cetak Kartu Nama yang Harus Anda Ketahui

Kartu Nama

Ketika ingin cetak kartu nama, banyak hal yang biasannya dipusingkan, yaitu desain kartu nama, spesifikasi kartu nama seperti bahan dan berbagai jenis finishing dari kartu nama tersebut. Finishing adalah laminasi yang di cetak di lapisan luar kartu nama tersebut. Dengan finishing ini, bisa memberikan gambaran dari Brand Anda yang terpampang dari kartu nama tersebut, jadi untuk desain, spesifikasi dan finishing tidak boleh asal memilih, karena kartu nama adalah salah satu bagian yang menggambarkan bisnis atau usaha Anda.

Keunggulan lain dari finishing kartu nama adalah, mempercantik kartu nama Anda. Jika kartu nama memiliki finishing, kartu nama tersebut lebih enak dilihat dan tidak mudah kusam. Ada beragam jenis finishing yang mesti diketahui sebelum cetak kartu nama, diantaranya :

  1. UV Spot dan Varnish
    Teknik finishing ini pada umumnya menggunakan cairan, dan biasannya pada tahap finishing ini memfokuskan atau menghighlight beberapa bagian kartu nama saja, tidak semua bagian. Diantaranya adalah logo perusahaan, baik logo ataupun tulisan nama perusahaan. UV spot ini sama – sama digunakkan untuk melapisi kertas.
  2. Hot Print
    Untuk jenis finishing ini berbeda dengan UV Spot, karena dalam proses cetaknya ada melibatkan tinta emas atau perak yang ingin di highlight dalam kartu nama. Finishing ini memberikan kesan mewah pada kartu nama yang di cetak. Pengerjannya biasannya di press.
  3. Finishing Doff & Glossy
    Laminating ini tampil dengan lapisan yang lembut, membuat kartu nama Anda menjadi tidak terlalu mengkilat dan natural. Untuk finishing glossy, kartu nama akan terlihat lebih mengkilat dan licin. Jika digereakkan kartu nama dengan laminating glossy akan lebih mengkilat.
  4. Emboss dan Deboss
    Finishing emboss dan deboss lebih memberikan penampilan tiga dimensi, cetakan emboss berarti kartu nama tersebut akan berstruktur timbul, tetapi kalau cetakan deboss, struktur kartu namanya akan tenggelam. Biasannya tampilan timbul dan tenggelam ini dipakai di sampul buku atau undangan pernikahan.
  5. Die cut dan Pond
    Untuk pengertiannya, die cut adalah teknik finishing dengan cara memotong bahan kartu nama itu sendiri. Untuk pemotongan die cut, tidak bisa cetak dengan mesin biasa. Untuk finishing pond, teknik memotong tidak terpisah. Dari potongan pond ini, membuat kartu nama menjadi lebih lentur, tetapi teknik finishing ini, bisa ditemukan dalam sesuatu yang berbahan kertas, kardus dan duplex.

Demikian informasi lengkap yang harus Anda ketahui mengenai finishing cetak kartu nama. Pemilihan finishing kartu nama sebelum dicetak sangat penting, karena finishing juga menggambarkan esesnsi dari brand Anda. Jika brand Anda menyasar atau menarget ke kalangan menengah ke atas, Anda harus memilih finishing kartu nama yang memberikan kesan mewah dan luxury sehingga, client percaya kepada brand Anda.

Setiaji Sastroban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *