Harga Cabe Mahal ? Mending Tanam Sendiri, Begini Caranya !

Disaat semua bahan makanan dan bumbu dapur dipasar melambung tinggi, apa yang anda lakukan untuk sedikit mengurangi beban kebutuhan dapur kita ? Ada banyak alternatif diantaranya mencoba untuk menanam cabe sendiri. Di Indonesia, fenomena harga cabe hingga ratusan ribu per kilo sekarang sudah menjadi tren musiman.

yuk menanam cabe sendiri

Sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk menuai keberhasilan bertani cabe, namun untuk anda yang belum sampai ke sana, minimal seperti yang sudah kita utarakan. Mengurangi anggaran kebutuhan bumbu dapur.

Sudah tahukah anda, betapa mudahnya menanam cabe ? Barangkali ada yang belum tau, di sini saya ingin sedikit berbagi bagaimana step – step menanam cabai sendiri di pot atau polybag.

  • Langkah pertama, siapkan biji cabe siap tanam, anda bisa membelinya di toko pertanian, atau di pasar. Atatu anda bisa membuatnya dari cabe yang ada di dapur.
  • Siapkan pembenihan dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Letakan di wadah yang lebar, anda bisa memanfaatkan baki untuk membuat pembenihan. Atau anda bisa lengsung dunakan plybag kecil.
  • Rendam kurang lebih 1 malam biji cabe yang sudah kita siapkan, buang bibit yang terapung dan sisihkan bibit yang tenggelam
  • Buat lubang kurang lebih ½ cm di tanah untuk pembenihan
  • Masukkan bibit cabe satu persatu ke dalamnya dan timbun dengan campuran tanah dan pupuk
  • Siram tiap pagi dan sore hingga kugan lebih dua minggu.
  • Apabila kira – kira sudah usia sudah 1 bulan, pindah dari tempat pembenihan ke pot atau polybag besar satu persatu.
  • Siram dan pupuk secara teratur hingga panen.
  • Letakkan di tempat yang cukup sinar matahari

Gampang sekali bukan ? Anda bisa melakukannya sendiri untuk kegiatan anda dirumah sembari mempersiapkan kenaikan harga cabe yang cukup mencengangkan. Selain itu, dengan menanam cabe sendiri kita dapat dengan mudah memetiknya ketika membutuhkannya sewaktu – waktu.

Tidak hanya bibit cabe yang mudah ditanam seperti ini. Anda juga bisa memanfaatkan banyak biji – biji yang lain seperti sayur dan juga bumbu – bumbu yang lainnya. Tidak ada salahnya mencoba. Semoga bermanfaat.

Neneng Ridho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *