Bahaya Memakan Roti Panggang Yang Terlalu Matang

Anda suka makan roti? Apalagi roti panggang yang ditambah dengan mentega dan juga diolesi coklat, wah pastinya akan menggugah selera dan bisa menghabiskannya dengan cepat. Tapi ternyata dibalik kelezatan roti panggang ini, ada hal berbahaya loh. Seperti hasil penelitian baru-baru ini.

Seperti dikutip dari Dr. Preeti Jain, beliau adalah seorang ahli dalam hal diet di Rumah Sakit Action Cancer, “Sangat tidak dianjurkan untuk memakan roti yang dipanggang terlalu lama hingga warnanya berubah kecoklatan, dalam jumlah yang banyak. Hal ini berlaku juga untuk sayuran.”

Hal ini dilakukan untuk menghindari banyaknya senyawa akrilamida yang muncul. Senyawa ini adalah senyawa kimia yang ada di makanan yang memiliki kandungan pati, contohnya pada roti dan juga kentang.

Walaupun hingga saat ini belum ada pembuktian ilmiah tentang makanan di atas mengandung zat yang bisa menyebabkan kanker, namun ada baiknya untuk menghindari roti dan sayuran yang dimasak terlalu lama, karena akan termasuk dalam kategori makanan yang tidak sehat.

Dari hasil penelitian FSA yang dilakukan pada tikus, ternyata akrilamida yang kandungannya tinggi, dapat meningkatkan resiko munculnya kanker. Seperti disebut di atas, akrilamida ialah senyawa yang muncul ketika roti atau makanan lainnya dipanggang terlalu lama, hingga menjadi cokelat kehitaman.

Akrilamida ini terbentuk dari glukosa atau gula sederhana yang bereaksi dengan asam amino (hal ini dikenal secara umum dengan sebutan asparagin), saat roti ataupun makanan lainnya dimasak pada suhu yang tinggi. Ketika terlalu lama dimasak, akan muncul warna kecoklatan atau bahkan kehitaman. Dalam proses inilah senyawa akrilamida muncul dengan kadar yang lebih tinggi. Dan kadar akrilamida yang tinggi inilah yang jika dimakan atau dikonsumsi, akan meningkatkan resiko kanker.

Dari data World Health Organization (WHO), memang belum ada informasi mengenai besaran kadar akrilamida yang dapat meningkatkan resiko kanker. Tapi sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi makanan yang dimasak hingga kecokelatan atau kehitaman, terutama makanan yang dipanggang atau dibakar. Seperti roti bakar, sate, ayam bakar, hingga sayuran bakar, karena jika dimakan terus menerus dalam jangka waktu panjang, akan meningkatkan resiko munculnya kanker.

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati kan? Untuk itu mulailah menghindari makanan diatas, dan memakan lebih banyak makanan yang direbus. Jika memang sudah tidak tahan ingin memakan sate atau roti bakar, boleh anda makan sesekali. Yang terpenting jangan terlalu sering.

Dina Sukmawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *