4 Rahasia Memulai Bisnis Ala Richard Branson

“Pebisnis adalah seniman, dan yang ia hadapi keika memulai perusahaan adalah sebuah kanvas  kosong yang harus diisi. Seperti seorang seniman yang cakap, maka anda harus menempatkan setiap detail dengan tepat pada kanvas. Tapi tak seperti karya seni, bisnis tak pernah selesai karena terus menerus berkembang” –Richard Branson

Inti dari kutipan Branson di undercover.co.id di atas, bisnis adalah sesuatu yang harus kia mulai, kita kondisikan, kita kembangkan, dan kita pertahankan. Dalam memulai bisnis ‘planning is everythings’. Untuk itu, jika semuanya sudah terprepare dengan baik, jangan lupa untuk mempelajari kiat-kiatnya. Belajarlah dari pengalaman orang-orang terdahulu yang sudah sukses dalam bisnisnya, karen itu adalah step real yang juga bisa anda implementasikan pada bisnis baru anda. Untuk memulai bisnis, perhatikan kiat-kiat sukses memulai bisnis ala Richrad Branson berikut ini

4 Rahasia Memulai Bisnis Ala Richard Branson 2

  1. Inovatiflah!

Tidak dipungkiri bahwa memuai bisnis itu tidak mudah. Setelah  mendobrak pasar dan sukses, mempertahankannya juga tidak mudah. Ya, memang begitu bisnis. Untuk itu, dalam bisnis anda dituntut selalu inovatif.

Coba lihat bisnis yang paling berhasil dalam  puluhan tahun  terakhir seperti facebook, apple, microsft, dan Google. Mereka mendobrak pasar dan  merajai dunia dengan melakukan hal yang tidak pernah dilakukan orang-orang sebelumnya dan kemudian berinovasi tanpa henti.  Dan ketika memulai bisnis maskapai (Virgin Atlantic), Branson membuat trobosan baru dengan meningkatkan kualitas awak pesawatnya. Sehingga bisnis tersebut bisa sukses besar.

  1. Memimpin dan Mendengar

“Pemimpin yang baik adalah pendengar yang baik”, kata Branson.

Biarpun and a adalah seorang bos, bukan berarti anda tidak terbuka akan kritik. Dengarkan orang lain, biarkan mereka mengungkapkan semua pemikirannya. Dan  sedikit tambahan, memberikan semacam ‘pujian’ kepad karyawan anda yang pintar juga bagus (mereka telah meingkatkan keutungan anda). Kemudian jangan pernah menyampaikan kritik kepada mereka secara terbuka.

  1. Kondisikan Bahwa Pekerja Anda Menyukai Perusahaan Anda

Dalam bisnis, karyawan anda adalah aset. Mengapa? Karena anda tidak mungkin melakukan segala sesuatunya sendiri bukan?

Disisi lain, ketika bisnis anda bergerak dalam bidang  jasa  bisnis umkm online maka karyawan juga berperan sebagai produk anda. dan ketika anda mengkondisikan rasa bangga mereka terhadap perusahaan anda, maka secara tidak langsung perasaan itu dapat membangkitkan advokasi serta dedikasi khusus mereka dan membuat mereka merasa memiliki perusahaan sehingga dapat bekerja secara optimal.

  1. Tunjuakkan Bahwa Anda Adalah Bos-nya

Jangan jadi bos yang hanya duduk manis di belakang meja, tunjukkan diri anda. Branson mengisahkan dalam bukunya bahwa ketika menjalankan sebuah bisnis meskipun ia bekerja dari rumah tapi ia selalu keluar menemui pegawainya. Bahkan ia membaca sebuah buku catatan kecil untuk menampung semua aspirasi dari pegawainya.

Rini Ayasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *